Saat ini, tren digital marketing mulai dikenal sablon kaos makassar masyarakat umum, khususnya para pebisnis. Kemudahan penggunaan dan efektivitas juga menjadi alasan mengapa mereka memilih untuk mulai beralih ke digital. Tapi apa sebenarnya pemasaran digital itu?
Apa itu Pemasaran Digital?
Pemasaran digital adalah kegiatan promosi yang menggunakan media digital untuk mempromosikan suatu merek, produk, atau layanan. Tapi tahukah Anda bahwa digital marketing sudah ada sejak lama?
Dengan meningkatnya penggunaan Internet, istilah pemasaran digital menjadi lebih ramai. Namun, ternyata teknologi digital sudah digunakan sejak tahun 1910.
Saat itu, ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan live opera dari gedung Metropolitan Opera di New York, dan orang-orang dari berbagai penjuru New York bisa mendengarkannya menggunakan earphone.
Perkembangan komputer dan kelahiran berikutnya dari Internet telah memperluas konsep pemasaran digital. Pemasaran digital melalui Internet menjadi lebih canggih dalam menjangkau miliaran orang dengan biaya yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Berbeda dengan sebelum adanya internet, aktivitas digital marketing tidak lagi satu arah.
Keuntungan pemasaran digital
Keuntungan utama pemasaran digital adalah Anda dapat menargetkan pasar yang lebih luas dengan cara yang jauh lebih terukur dengan biaya yang jauh lebih rendah.
1. Biaya jauh lebih rendah dengan jangkauan yang sama
Dengan menggunakan situs web, Anda dapat menjangkau seluruh dunia dengan biaya yang jauh lebih rendah (jika Anda dapat memenuhi permintaan dari seluruh dunia). Namun, perlu diingat bahwa kemudahan ini juga tersedia bagi pemilik bisnis lain, termasuk para pesaing.
Untuk mengungguli situs pesaing Anda, Anda perlu mempromosikan lebih baik dari pesaing Anda. Ada dua jenis "promosi" yang biasa dilakukan oleh pemilik situs web: SEO atau optimisasi mesin pencari dan periklanan.
Kedua metode tersebut sama-sama mahal. Seperti di era pra-pemasaran digital, anggaran dan metode promosi yang lebih efektif memenangkan persaingan.
2. Promosikan komunikasi reguler
Mempertahankan pelanggan bisa lebih sulit dan mahal daripada mendapatkan pelanggan baru. Tapi hasilnya sepadan dengan usaha.
Pemasaran digital memungkinkan tim untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dengan cara yang lancar, ramah, dan hemat biaya. Pelanggan yang merasa diperhatikan akan lebih mudah mengingat merek produk atau jasa Anda dibandingkan pesaingnya.
Pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa Anda kemungkinan besar akan melakukan transaksi berulang untuk membeli produk atau jasa lain yang Anda tawarkan dan mendorong orang lain untuk menggunakan produk atau jasa Anda.
3. Pilih target tertentu dengan mudah
Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu, mereka melalui beberapa tahapan pembelian, langkah pertama yang dilakukan adalah mencari informasi. Di era pra-pemasaran digital, pemilihan target dimungkinkan, tetapi tidak konkret dan tidak efisien.
Metode pemasaran tradisional tidak memiliki banyak pilihan segmen pasar, sehingga periklanan tradisional sangat tidak efisien atau bahkan tidak terukur. Di era digital marketing Anda, semakin banyak segmen pasar yang tersedia untuk membidik pemasaran Anda.
Jika Anda menjual mobil dan memasang tanda, Anda tidak dapat memilih seseorang yang dapat melihat tanda Anda. Anda dapat memasang tanda di jalan-jalan sebuah rumah elit, tetapi Anda tidak dapat memilih untuk menampilkan iklan hanya kepada mereka yang mencoba membeli mobil.
Dengan pemasaran digital, Anda dapat melakukan hal di atas.
Selain itu, lahirnya pemasaran digital memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak setiap tahap pengalaman pelanggan, bahkan ketika mencari informasi tentang solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan.
Dengan begitu banyak pilihan pemasaran digital yang tersedia saat ini, Anda dapat menemani prospek di setiap tahap perjalanan pembelian mereka dan membimbing mereka untuk memilih produk atau layanan Anda.
Ada banyak alat yang tersedia untuk mengekspos produk dan layanan Anda kepada calon pelanggan, serta program analitik canggih yang dapat membantu Anda menentukan alat mana yang paling efektif dalam menarik pelanggan baru.
Tentu saja, penargetan yang lebih spesifik ini
Saat ini, jauh lebih mudah untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen tertentu, karena banyak platform pemasaran digital memungkinkan Anda memilih target pasar tertentu.
Anda juga dapat menginstruksikan orang untuk menampilkan iklan dan promosi digital kepada orang-orang dengan minat, usia, pernikahan, atau orang yang tidak berada dalam kisaran pendapatan tertentu.
No comments:
Post a Comment